Thursday, December 8, 2016
Home > Berita DAI > Press Conference Insurance Day, Jakarta 2013

Press Conference Insurance Day, Jakarta 2013

Press Conference Insurance Day 2013

Hotel Gran Melia, Ruang Legian 2, Jakarta

Kamis, 17 Oktober 2013


pc id 13Setiap tahunnya kalangan industri asuransi Indonesia melaksanakan kegiatan untuk memasyarakatkan asuransi pada Hari Asuransi / Insurance Day yang jatuh setiap tanggal 18 Oktober. Tahun ini adalah untuk kedelapan kalinya kegiatan ini diadakan, sejak tahun 2006. Meningkatkan daya tanggap masyarakat akan pentingnya berasuransi, adalah tujuan dari kegiatan ini, dan merupakan hal yang berkesinambungan yang selalu dicanangkan pada setiap perayaan Insurance Day dari tahun ke tahun. Kegiatan Insurance Day 2013 ini menyasar khalayak anak muda untuk tanggap bahwa justru SELAGI MUDA harus berasuransi, karena tak ada hari esok yang nyaman tanpa dipersiapkan tanpa direncanakan, tanpa proteksi dan tanpa investasi. Seiring dengan perkembangan industri asuransi yang saat ini cenderung meningkat, industri asuransi juga membuka peluang karir yang cukup menjanjikan bagi generasi muda.

“Kaum muda-mudi bangsa Indonesia adalah tonggak suatu bangsa dalam menggapai mimpinya. Tanpa para kaum muda yang tangguh, niscaya suatu bangsa tidak akan mampu melangkah ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini dibutuhkan penetrasi dan kesadaran akan pentingnya berasuransi untuk kualitas hidup yang lebih baik. Tentunya kesadaran berasuransi harus ditanamkan kepada masyarakat sejak muda agar nantinya bisa mengerti dan paham betapa pentingnya asuransi untuk kehidupan”, ujar Kornelius Simanjuntak, ketua Dewan Asuransi Indonesia. Christian Wanandi, selaku Ketua Panitia Insurance Day 2013 mengatakan, “Peluang karir untuk professional muda pun cukup menjanjikan, ini dapat dilihat dari banyaknya professional muda yang sukses meniti karir di industri asuransi di perusahaan nasional maupun multinasional baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan semangat energic dan dinamis khas generasi muda, diharapkan kedepannya asuransi dapat menjadi kebutuhan semua golongan, baik para pengguna jasa asuransi ataupun para profesional muda yang meniti karir di bidang asuransi.”

Sasaran di atas diwujudkan dalam kegiatan pemilihan Mizz & Mazz Asuransi Indonesia 2013. MIZZ & MAZZ ASURANSI INDONESIA 2013 adalah ajang kontes bagi mahasiswi dan mahasiswa yang mempunyai kepribadian, kecerdasan dan penampilan yang proporsional, ditambah paham serta menguasai pengetahuan perasuransian. Pemilihan MIZZ & MAZZ ASURANSI INDONESIA 2013 terbuka bagi mahasiswi dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Dengan penyelenggaraan di pusatkan di tiga kota, yaitu: Jakarta, Surabaya dan Medan. Kegiatan ini diharapkan sebagai langkah menuju semakin solidnya kesatuan industri asuransi dalam mewujudkan cita-cita agar asuransi menjadi salah satu pilar perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Industri asuransi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun. Laporan bisnis Industri yang dipublikasikan media massa mencatat di tahun 2012, industri asuransi jiwa tumbuh sebesar Rp 22,79 triliun atau naik sebesar 20.65%, sementara pertumbuhan di sektor asuransi umum naik sebesar 14,3% menjadi Rp 39,411.2 miliar. Dari segi aset, asuransi jiwa naik 18,78% menjadi Rp 267,56 triliun dan asuransi kerugian naik 16,0% menjadi Rp 81,156 .2 miliar. Klaim dan manfaat yang dibayarkan pun meningkat, di mana untuk asuransi jiwa klaim bruto naik sebesar 15,96% atau menjadi Rp. 64,02 triliun dan asuransi umum klaim bruto naik sebesar 37.4% menjadi Rp 17,799.3 miliar.Namun, masih banyak ruang untuk pertumbuhan yang berkelanjutan terutama segmen kaum muda di masyarakat yang masih sangat minim kesadaran untuk menciptakan kepastian akan masa depan.

“Adalah menjadi tugas kita semua, para pelaku bisnis di Industri Asuransi yang juga didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan, Dewan Asuransi Indonesia dan seluruh Asosisasi Perasuransian untuk secara terus menerus mensosialisasikan manfaat dan pentingnya asuransi. Sehingga diharapkan pemahaman sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya generasi muda tentang asuransi akan tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.” tutup Kornelius.