Home > Insurance Day 2009

Insurance Day 2009

 

Peringatan Insurance Day ke 4 tahun 2009 semula difokuskan kepada kalangan anak muda dan sedianya akan dilakukan di Parkir Selatan Senayan berupa rangkaian acara khas anak muda seperti rally wisata, extreme games, panggung hiburan. Terjadinya gempa dahsyat yang meluluh lantakkan Padang, Padang Pariaman dan Jambi akhir September yl, membuyarkan rencana tsb. Maka pada awal Oktober diputuskan untuk banting stir sehingga fokus pun diarahkan kepada masyarakat Sumatera Barat untuk menunjukkan komitmen dan dukungan nyata Insan Perasuransian atas musibah dahsyat tsb.

Segera diupayakan permohonan audiensi dari Asosiasi Perasuransian dengan Gubernur Sumbar untuk menyampaikan komitmen dan dukungan Insan Perasuransian terhadap masyarakat khususnya para pemegang polis dengan memberikan fleksibilitas dan percepatan dalam proses penyelesaian klaim. Tidak lupa menyampaikan donasi dari para anggota Asosiasi Perasuransian yang nantinya akan disalurkan untuk membangun sekolah-sekolah yang rubuh.

Dikarenakan situasi tanggap darurat yang diberlakukan di Sumbar khususnya Padang dan kesibukan pendistribusian bantuan kemanusiaan yang terus mengalir, sampai menjelang hari “H” 18 Oktober konfirmasi audiensi dengan Gubernur Sumbar belum didapatkan. Ditambah pula kabar burung yang beredar terkait dipanggilnya Gubernur Sumbar ke Cikeas untuk menjabat Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Belum adanya kepastian audiensi tsb, memaksa Panitia menyiapkan alternatif acara yaitu melakukan tatap muka sekaligus memberi pengarahan dari Kepala Biro Perasuransian Isa Rachmatarwata dan Para Ketua Asosiasi kepada para Kepala Cabang Perusahaan Asuransi yang ada di Padang dan ditutup dengan Konferens Pers. Syukurlah pendekatan dan tindak lanjut yang dilakukan panitia akhirnya membuahkan hasil. Pada Sabtu sore dari Bagian Humas (Bapak Alwis) dan Bagian Protokoler (Bapak Raymond) diperoleh kepastian bahwa Asosiasi Perasuransian akan diterima Wagub pada hari Minggu 18 Oktober jam 9.00 pagi di Kediaman Gubernur.

Minggu pagi tsb, sebagian besar rombongan yang tiba dengan pesawat udara di Padang langsung menuju Kediaman Gubernur dan bertemu dengan panitia yang sudah tiba lebih dahulu sejak Sabtu pagi. Sejak situasi tanggap darurat ditetapkan, kediaman resmi Gubernur Sumbar telah dirubah fungsi menjadi Posko dan media center yang dipenuhi oleh para relawan lokal maupun asing dan pejabat pemda yang berkoordinasi menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Rombongan yang berjumlah sekitar 30-an diterima di ruang pertemuan. Wakil Ketua Panitia Julian Noor segera menyampaikan secara singkat urutan acara audiensi kepada Bagian Protokol. Tepat pukul 9.30 Wagub Prof. DR. H. Marlis Rahman MSc yang didampingi asistennya memasuki ruang pertemuan. Setelah menyampaikan maksud dan tujuan audiensi tsb, panitia menyampaikan data total perkiraan nilai harta benda maupun jiwa yang diasuransikan mencapai Rp 1,2 Trilyun. Atas musibah yang terjadi tsb, Wagub mengharapkan Asuransi tidak kapok dan tetap memberikan perlindungan asuransi yang diperlukan masyarakat.

Tidak lupa panitia menyampaikan sebagian dari donasi yang dikumpulkan dari para anggota sebesar Rp 100 juta yang diserahkan oleh Ketua FAPI (Federasi Asosiasi Perasuransian Indonesia) Bona Pandiangan kepada masyarakat Sumbar yang diwakili oleh Wagub. Total donasi lainnya akan disalurkan untuk membangun bangunan sekolah-sekolah yang rubuh. Wagub yang sebelumnya menjabat Rektor Universitas Andalas, menyampaikan permintaan maaf atas terlambatnya dimulai pertemuan yang sedianya dijadwalkan jam 9 namun baru dimulai jam 9.30. Pertemuan berlangsung sekitar 30 menit diakhiri dengan semua anggota rombongan berjabat tangan satu persatu dengan Wagub.

Selanjutnya rombongan meninggalkan kediaman Gubernur menuju tempat pertemuan dengan para kepala cabang Perusahaan Asuransi yang ada di Padang dan dilanjutkan dengan Konferensi pers yang dihadiri media setempat maupun nasional. Acara ditutup dengan santap siang bersama.

Menjelang ke bandara, rombongan menyempatkan diri meninjau kerusakan yang terjadi khususnya kanto-kantor Perusahaan Asuransi yang mengalami kerusakan cukup parah.

 

Wk. Ketua Insurance Day 2009 menyampaikan maksud audiensi disaksikan oleh Isa Rachmatarwata, Prof.DR. H. Marlis Rahman MSc dan asistennya

 

 

 

Donasi FAPI untuk masyarakat sumbar