Home > Insurance Day

Insurance Day

Inisiatif penyelenggaraan sebuah “Insurance Day” pertama kali dideklarasikan pada konferensi anggota-anggota East Asian Insurance Congress (EAIC) pertengahan tahun 2006 di Brunei Darussalam, di mana ke-11 kota-anggota EAIC menyepakati tanggal 18 Oktober sebagai sebuah “Hari Asuransi” untuk diperingati oleh segenap anggota.

Di Indonesia, panitia Insurance Day terdiri dari perwakilan ke-6 asosiasi anggota biasa Dewan Asuransi Indonesia yaitu: Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Asuransi dan Jaminan Sosial Indonesia (AAJSI), Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi (APPARINDO) dan Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia (APKAI)

Tujuan

>>Jangka Pendek :

  • Menyelenggarakan Peringatan Insurance Day yang melibatkan regulator, masyarakat industri asuransi serta masyarakat pengguna industri asuransi secara luas;
  • Insurance Day Awareness – masyarakat menyadari ada sebuah hari yang diperingati    sebagai “Hari Asuransi” – termasuk aware terhadap tema yang dikomunikasikan.

 

>>Jangka Menengah :

  • Menciptakan kegiatan Insurance Day yang mampu berkesinambungan dan bisa dilaksanakan dibeberapa daerah sebagai suatu Peringatan hari nasional;
  • Menyelengarakan sosialisasi asuransi ke masyarakat pada umunya dan lingkungan pendidikan (Insurance Goes to Campus) dengan fokus pada : Pengenalan Asuransi, Peluang Karir, dsb;
  • Memperbaiki citra industri asuransi dan jajaran pemasarannya.

 

>>Jangka Panjang

  • Lingkungan/masyarakat/negara merasakan manfaat keberadaan industri asuransi di tengah-tengah mereka;
  • Acceptable: industri asuransi dapat diterima oleh community sekitar khususnya, dan negara umumnya;
  • Adanya pengertian/goodwill, dukungan, simpati, dan partisipasi dari masing-masing lingkungan terhadap industri asuransi;
  • Langsung atau tidak langsung dapat mendukung bisnis perusahaan perasuransian sehingga mampu menempatkannya sebagai salah satu pilar utama perekonomian bangsa.

 Perlu komitmen dan dedikasi dari semua pelaku asuransi untuk menjadikan asuransi lebih populer di tanah air kita. Untuk itu perlu secara berkesinambungan mensosialisasikan asuransi dengan cara-cara:

  • Website FAPI perlu dikelola dengan lebih serius dibawah koordinasi FAPI agar senantiasi “updated” dan makin bermanfaat bagi para pengguna website.
  • Melanjutkan IGTC terkait dengan program Corporate Sosial Responsibility bahkan diperluas dengan program magang maupun pemberian beasiswa kepada mahasiswa/pelajar/santri yang cerdas namun kurang mampu secara ekonomi.
  • Menindaklanjuti masuknya pendidikan asuransi pada kurikulum pendidikan dasar.

Menyiapkan dan mengkampanyekan iklan layanan mayarakat tentang manfaat asuransi  maupun pendidikan asuransi baik di media cetak maupun elektronik secara nasional.

 

 

Jakarta sebagai salah satu city-member EAIC menyelenggarakan Insurance Day Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Kegiatan Insurance Day pada 18 Oktober 2006 bertepatan dengan bulan Ramadhan. Rangkaian acara diawali dengan kegiatan Fun Walk dari Monas-Bunderan HI, dilanjutkan dengan Car-Fest; pawai kelompok kendaraan dengan atribut Insurance Day Indonesia. Kemudian Bakti Sosial, membersihkan tempat wudhu Mesjid Istiqlal dan Gereja Kathedral; membagikan kain sarung secara simbolis kepada pembersih jalanan dan kaum dhuafa; serta donor darah. Sekitar 2000 orang dari kalangan nasabah dan pelaku industri asuransi terlibat aktif dalam kegiatan ini.

Pada sore hari acara dilanjutkan dengan Konferensi Pers dan Pencanangan Insurance Day 2006 oleh Menteri Keuangan yang pada waktu itu adalah  dan buka puasa bersama.

Perayaan Insurance Day kedua tahun 2007 ditandai dengan serangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat luas khususnya para keluarga yang telah menjadikan asuransi sebagai bagian dari perencanaan keuangan keluarga dan gaya hidup dalam upaya mewujudkan keluarga bahagia. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain:

  • Insurance Goes to Campus (IGTC), Program sosialisasi asuransi kepada pelajar/mahasiswa di 24 institusi pendidikan yang tersebar di Indonesia. Kegiatan ini  diselenggarakan salah satunya di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga dengan peserta terbanyak yaitu 1.012 orang peserta. Atas hal ini, IGTC mendapatkan penghargaan dari MURI (Musium Rekor Indonesia).
  • Writing Contest, Lomba penulisan media dengan thema “Asuransi Mitra Menuju Sejahtera” yang dimenangkan oleh Aloysius Wisnu Hardana dari Tabloid Rumah (Kelompok Kompas Gramedia) dengan judul tulisan “Pentingnya Perlindungan  Ketika Hidup di Tanah Risiko”.
  • Courtesy Visit, Kunjungan ke beberapa media cetak dan elektronik, yaitu Kompas, Seputar Indonesia, Koran Tempo, Metro TV dan Majalah Swa.
  • Editorial yang ditulis oleh beberapa media utama seperti Harian Kompas, Harian Seputar Indonesia, Majalah Tempo dan Majalah Media Asuransi dengan topik “Pentingnya Berasuransi Bagi Semua, Asuransi sebagai  Mitra, Asuransi merupakan Pilar Ekonomi Negara”.
  • Media Workshop yang diadakan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan tentang industri asuransi dan untuk menghindari kesimpangsiuran penulisan berita tentang asuransi.
  • Konferensi Pers untuk mengkampanyekan seluruh program kegiatan Insurance Day tersebut.
  • Kegiatan utama Insurance Day 2007 “10.000 Keluarga Bahagia berkumpul di Teras Jakarta”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Oktober 2007 bertempat di Teras Jakarta – Grand Indonesia dengan melibatkan ribuan orang dari para pelaku industri asuransi di Indonesia, mulai dari perusahaan asuransi, broker, agen sampai dengan nasabahnya. Rangkaian acara yang digelar dalam memeriahkan kegiatan utama ini antara lain: Pameran 10.000 foto “Keluarga Bahagia” pemegang polis asuransi, lomba komentar tentang asuransi, lomba peluk orang yang kamu cintai, lomba poco-poco, aneka games spontan dan talk show.

Pameran foto terbanyak ini telah mendapatkan penghargaan dari MURI (Musium Rekor Indonesia) dan disyahkan oleh Bpk. Jaya Suprana.

Perayaan Insurance Day tahun 2008 merupakan pengembangan program dari Insurance day tahun-tahun sebelumnya dengan melibatkan pihak regulator dan seluruh pelaku industri perasurasian. Kegiatan Insurance Day ini diperluas jangkauannya ke 5 (lima) kota besar di Indonesia seperti Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar. Rangkaian kegiatan tersebut adalah:

  • Penggalangan dana dari para anggota Asosiasi Perasuransian untuk membiayai pelaksanaan Insurance Day
  • Pembentukan Panitia Daerah untuk memperluas cakupan geografis kegiatan Insurance Day
  • Media Training, menyeragamkan penyampaian Key Message Insurance Day
  • Kegiatan kehumasan untuk mensosialisasikan Insurance Day terhadap masyarakat baik para pelaku  asuransi maupun masyarakat pengguna asuransi
  • Iklan Layanan Masyarakat bertujuan untuk menciptakan pemahaman publik terhadap berbagai perkembangan yang terjadi di dunia perasuransian
  • Donor darah yang dilaksanakan secara serentak di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.
  • Peluncuran Kampanye Bersama “Mari Berasuransi” yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2008 di Ritz Carlton Ballroom Pacific Place dan ditayangkan di Metro TV
  • Insurance Goes to Campus di 28 Universitas, SMU dan pondok pesantren. Salah satu kegiatan IGTC yang diselenggarakan di Univ. Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta kembali mendapatkan penghargaan dari MURI (Musium Rekor Indonesia) karena diikuti oleh peserta lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu 1.846 orang peserta. Penghargaan juga diberikan karena penyampaian materi kuliah yang menggunakan 3 (tiga) Bahasa Asing yaitu Bahasa Inggris, Arab dan Jepang.
  • Konferensi pers

Perayaan Insurance Day tahun 2009 yang semula akan difokuskan kepada serangkaian acara khas anak muda seperti rally wisata dan extremes games. Kemudian diputuskan untuk merubah arah kepada masyarakat Padang karena terjadinya gempa dahsyat yang meluluh lantahkan Padang. Kegiatan Insurance Day 2009 dilaksanakan dengan menyampaikan dukungan Insan Perasuransian terhadap masyarakat khususnya para pemegang polis dengan memberikan fleksibilitas dan percepatan penyelesaian klaim. Dalam kegiatan ini para anggota Asosiasi Perusahaan juga menyampaikan donasi yang disalurkan untuk membangun sekolah-sekolah yang rubuh. Sebagian dari donasi tersebut sejumlah Rp100 juta diserahkan oleh Ketua FAPI (sekarang DAI) kepada masyarakat Padang yang diwakili oleh Wakil Gubernur, Prof. DR. H. Marlis Rahman MSc.

Di tahun 2010, karena bersamaan dengan aktifitas penyelenggaraan EAIC dimana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, maka kegiatan Insurance Day 2010 berfokus kepada IGTC. Salah satu kegiatan IGTC yang diselenggarakan di Univ. Syarif Hidayatullah, Jakarta juga kembali mendapatkan  penghargaan dari MURI (Musium Rekor Indonesia) karena dihadiri oleh peserta lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu 2.337 orang peserta.

Tahun 2011, Insurance day memilih tema “Perempuan Indonesia dan Asuransi”. Sasaran kegiatan tahun 2011 ditujukan kepada kaum perempuan dengan maksud untuk mempromosikan dan mensosialisasikan manfaat asuransi kepada seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan tingkat dan kemampuannya. Oleh karena itu semua kegiatan sosialisasi mayoritas menggunakan pilihan media yang banyak di konsumsi oleh para perempuan di Indonesia. Kegiatan tersebut dituangkan kepada:

Media Cetak      : Iklan bersama dan Liputan Khusus pada Kompas, Bisnis Indonesia, Femina, Noor dan Nova

Media Radio      : Filler dan talkshow pada Female FM, Woman FM, RRI Pro4 FM

Media Televisi   : TV One, program acara “Coffee Break”

                                Metro TV, program acara “Kick Andy”

Media Visit         : Kompas, Bisnis Indonesia dan Gramedia Group

Donor Darah, kegiatan ini diselenggarakan oleh Perusahaan Asuransi Tugu Pratama, Allianz, Prudential dan Manulife.

 

 

Untuk melihat dokumentasi kegiatan dari tahun ke tahun silahkan klik link-link di bawah ini.